Selasa, 19 Maret 2013

Suara Yang Sehat

Suara Yang Higienis

The Massachusetts General Hospital
Eye and Ear Infirmary
Voice and Speech Laboratory

1. Hindari berbicara, bersuara keras dan berteriak yang tidak perlu.

2. Hindari berbicara di lingkungan yang berisik.

3. Kepada seseorang dalam suasana hiruk pikuk atau kepada orang yang punya kesulitan mendengar, berbicaralah lebih lambat, hadapi wajahnya, dan gunakan artikulasi yang akurat.

4. Hindari berbicara kepada seseorang dari jarak jauh atau dari ruang yang berbeda. Pergilah mendekat, atau minta mereka mendekat.

5. Jika berbicara di hadapan sekelompok orang, gunakan mikrofon atau usahakan sedekat mungkin dengan mereka. Sekali lagi, perlambat bicara Anda dan gunakan artikulasi yang tepat.

6. Hindari bicara dalam situasi tegang atau saat Anda sendiri sedang tegang.

7. Saat berbicara di telepon, peganglah gagang telpon dengan baik, hindari posisi bahu dan pipi yang menegangkan leher. Jangan berbicara di telepon sambil berbaring.

8. Hindari batuk dan berdahak. Jika Anda merasakan gatal di tenggorokan Anda, cobalah untuk menelan atau minumlah seteguk air. Anda juga bisa melakukan "batuk sepi": tiuplah udara dari paru-paru Anda dengan keras dan cepat. Suara yang akan terdengar hanya seperti aliran udara. Lalu menelanlah.

9. Gunakan suara Anda secara minimal jika Anda sedang menderita pilek berat atau mengidap laringitis. Jangan berbisik dan jangan paksa suara Anda untuk berbicara lebih keras.

10. Hindari berbisik-bisik.

11. Hindari suara-suara yang bukan bicara, seperti meniru suara mesin atau suara binatang.

12. Hindari berbicara panjang hanya dengan satu nafas. Ambillah jeda-jeda untuk merekondisi udara di paru-paru Anda, supaya Anda tidak meremas tenggorokan Anda sendiri.

13. Wanita harus lebih berhati-hati dan membatasi tuntutan untuk bersuara, sebelum dan selama masa menstruasi. Aktivitas berbicara di saat itu dapat menurunkan tingkat estrogen. Dan jika ini terjadi di saat-saat sebelum menstruasi, beberapa wanita dapat mengalami komplikasi atau gangguan suara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar