Kamis, 21 Maret 2013

Kredibilitas Pembicara


Kredibilitas Pembicara
Terjemahan bebas dari materi oleh:
Bacal & Associates

Tidak peduli kepada siapa Anda berbicara, kepada seribu orang, kepada audience radio atau televisi, atau hanya kepada satu orang di ruang kantor Anda, semuanya banyak tergantung pada kemampuan Anda untuk menunjukkan kredibilitas dan kejujuran.

Niat baik saja belum cukup. Banyak pembicara yang terbuka dan jujur, justru menciptakan citra sebaliknya hanya karena kesenjangan struktur bicara, dan gagal menggunakan bahasa serta gaya yang kredibel.

APA ITU KREDIBILITAS?
Anda dipersepsi kredibel bila:

- Tidak bias, fokus, terkonsentrasi;
- Menunjukkan kesamaan dan persamaan dengan audience;
- Berkomunikasi dalam cara yang dimengerti audience;
- Mendemonstrasikan pemahaman atas pendapat audience;
- Tidak menunjukkan sikap bertahan atau menyerang, netral;
- Tidak berlebihan menghadapi kritik.

HARGAI AUDIENCE
Jangan melebih-lebihkan atau sebaliknya mengabaikan kelemahan audience.

MASUKI PIKIRAN MEREKA
Waspadai serangan dengan mengangkat isu di kepala audience lewat mulut Anda sendiri.

"Saya tahu beberapa dari Anda tidak setuju dengan hal ini. Saya akan menjelaskannya sebentar lagi."

Cara ini lebih baik daripada mengabaikannya sampai audience menyerang Anda.

SESUAIKAN BAHASA ANDA
Hindari bahasa yang terlalu teknis dan birokratis. Kecuali, seluruh audience Anda bisa memahaminya. Meskipun demikian, tetaplah jelaskan berbagai singkatan atau istilah teknis.

Sesuaikan pula bahasa dan dialek Anda dengan tingkat pendidikan mereka. Jangan gunakan kata-kata yang hebat atau besar. Jangan gunakan kata-kata yang tidak digunakan dalam dunia nyata mereka. Berbicaralah seperti mereka berbicara.

JANGAN MEMBACA
Membaca akan mengurangi daya pengaruh dan kredibilitas Anda. Hanya sedikit orang yang bisa tetap efektif berbicara dengan membaca. Setiap kali membaca, Anda akan terlihat tidak PD, kaku dan dibuat-buat. Membaca kutipan boleh-boleh saja, tapi jangan baca bicara Anda!

MIKROFON
Jika Anda bicara di balik podium, gunakan clip on agar Anda leluasa bergerak sambil berbicara. Atau gunakan wireless mic. Atau, tidak usah memakai mikrofon jika suara Anda cukup keras.

BERGERAKLAH
Jika berdiri di atas podium, jangan seperti patung atau seperti dipaku di sana. Anda akan terlihat tidak nyaman dan kaku. Berjalan berkeliling di sekitar atau di antara audience, justru akan membuat Anda rileks. Dan itu lebih menarik buat mereka.

STRUKTUR
Pembukaan, isi, penutup. Katakan pada mereka apa yang akan Anda katakan. Lalu, katakan. Lalu katakan apa yang telah Anda katakan.

ENERGI
Bicaralah dengan energi dan intensitas, gunakan ini untuk menunjukkan komitmen Anda pada topik. Jangan berlebihan.

MATA
Lagi-lagi, pelihara kontak mata seakan Anda berbicara kepada mereka satu per satu. Buat mata Anda concern dan bukan menjual. Fokuslah pada audience.

JANGAN BURU-BURU, JANGAN MEMBOMBARDIR
Makin banyak isinya, makin sedikit efeknya. Anda bisa frustrasi, mereka bisa frustrasi.

Kredibilitas adalah mengurus urusan mereka dan bukan mengurus urusan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar