Rabu, 20 Maret 2013

How To Say "No!"

6 Cara Mengatakan "Tidak"
Terjemahan bebas dari materi oleh:
Lynn Battle

CARA LANGSUNG
Saat seseorang meminta Anda melakukan sesuatu yang Anda tidak ingin melakukannya, katakanlah tidak. Tanpa meminta maaf, tembaklah langsung.

"TIDAK, terimakasih."

CARA REFLEKSI
Di sini Anda melibatkan pemahaman tentang isi dan "rasa" dari permintaan yang diajukan kepada Anda, kemudian Anda menambahnya dengan penolakan halus di bagian akhir.

"Saya tahu Anda ingin berbicara dengan Saya tentang hal itu, TAPI Saya tidak bisa makan siang bersama Anda hari ini."

CARA ARGUMENTASI
Berikanlah argumentasi yang jelas dan otentik untuk penolakan Anda, tanpa membuka peluang lebih jauh untuk negosiasi.

"Saya tidak bisa makan siang dengan Anda, SEBAB ada laporan yang harus Saya selesaikan segera."

CARA RAIN CHECK
Suatu cara mengatakan 'tidak' untuk sebuah permintaan tanpa mengatakan 'tidak' dengan tegas.

"Saya tidak bisa makan siang dengan Anda hari ini, TAPI mungkin depan bisa."

CARA ENQUIRY
Dengan bersikap terbuka terhadap permintaan, untuk melihat apakah itu juga yang memang Anda inginkan.

"Saya tidak bisa makan siang hari ini, TAPI apa ada hal lain yang Anda ingin bicarakan selain proposal itu?"

CARA MERAJUK
Ini cara yang paling mungkin digunakan untuk setiap situasi. Ulangi saja penolakan Anda, lagi, lagi dan lagi. Tanpa penjelasan. Gunakan intonasi yang tepat.

+ Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.
- Ayolah, nggak lama kok.
+ Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.
- Ayolah, Saya yang traktir.
+ Tidak, terima kasih. Saya tidak bisa makan siang dengan Anda.

Yang berikut ini tambahan dari Saya.

CARA PENUNTASAN DAN ANCAMAN
Pokoknya tidak. Sekali tidak tetap tidak.
Tidak. Kalo nggak kita nggak bakal ketemu lagi.
Tidak. Ngomong lagi gua gaplok luh!
Tidaaaaaaaaaaaaaaaakk!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar