Rabu, 20 Maret 2013

MENUNJUKKAN KEPAKARAN

MENUNJUKKAN KEPAKARAN SAAT BERBICARA
Terjemahan bebas dari artikel oleh:
Dina Giolitto

Ini bukan tentang kepakaran berbicara. Ini tentang kepakaran d bidang Anda, dan bagaimana menunjukkannya dengan berbicara.

Anda mungkin baru pertama kali bertemu dengan audience. Mereka belum mengenal Anda. Mungkin mereka pernah mendengar nama Anda. Apa yang mereka tahu, hanyalah "katanya" Anda adalah pakar. Mereka belum membuktikannya.

Anda tidak perlu menunda-nunda lagi. Pada kesempatan pertama Anda bisa berbicara kepada mereka, titipkanlah kepakaran Anda pada bicara Anda. Anda berbicara, dan pada saat yang sama Anda mendemonstrasikan kepakaran Anda. Berikut adalah cara melakukannya.

GUNAKAN KALIMAT AKTIF
Gerakkan audience Anda dengan kata-kata kerja. Fokuslah pada "lakukan" dan bukan "menjadi". Gunakan kata-kata yang asli kata kerja, atau gunakan akhiran "lah" atau "kan" untuk mengubah suatu kata menjadi kata kerja. Pergilah, berangkatlah, berilah, jadilah, bangkitlah. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih kata-kata yang lebih spesifik atau menambahnya ungkapan yang kuantitatif.

ARAHKAN AUDIENCE
Jika Anda yakin, hindari penggunaan kata-kata yang berimplikasi sebagai "saran". Semestinya, seharusnya, mungkin, sebenarnya...
Anda pilih mana?

"Sebenarnya, Anda bisa memulai bisnis Anda sendiri."
"Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri sekarang juga."
"Tahukah Anda, bahwa saat ini juga anda bisa memulai bisnis anda sendiri?"
"Anda bisa mengejar mimpi-mimpi Anda."

atau,

"Mulailah bisnis Anda sendiri, sekarang juga!"
"Kejarlah mimpi Anda!"

Audience ingin Anda mengatakan apa yang mereka harus lakukan. Bukan yang seharusnya, sebaiknya, mungkin, dapat, semestinya, nanti dan sebagainya.

Berdirilah. Dan berilah mereka arah.

BERI MEREKA YANG SPESIFIK
Jangan biasakan merekomendasi berbagai hal yang terlalu umum. Apalagi jika tidak melanjutkannya dengan berbagai detil. Kuncinya, kembangkan topik dengan 5W dan 1H, What, Who, When, Where, Why dan How.

UJI BERBAGAI FAKTA
Jika Anda bisa menunjukkan fakta, maka opini dan argumen Anda akan bermanfaat bagi mereka. Jika Anda bisa memprodusir fakta yang otentik, maka anda menjadi sumber bagi mereka. Mereka akan mengutipnya, mereka akan menjadikannya sarana bagi mereka.

MASUKKAN CONTOH
Masukkan success stories dalam bicara Anda. Masukkan referensi dan kesaksian dari mereka yang telah sukses bersama Anda. Ini bisa membangun reputasi Anda sebagai pakar -- apapun bidang Anda.

JANGAN TERLALU BANYAK - JANGAN TERLALU SEDIKIT
Ukurlah informasi yang hendak Anda sampaikan. Berikan secukupnya. Tidak terlalu panjang, tidak terlalu pendek. Pertengahan adalah yang terbaik. Jika Anda merasa ada banyak poin yang ingin Anda sampaikan. Pilah dan pilihlah. Sisakan sebagian untuk sesi bicara berikutnya.

RAPI DAN TERORGANISIR
Buatlah informasi Anda rapi dan terorganisir dengan baik. Pahami tentang struktur, sampaikan dengan teratur. Latihlah jika perlu. Lakukan tanpa terburu-buru. Pilihlah kata yang tepat, dan kalimat yang akurat.

Lakukan! Dan mereka akan membuktikan, bahwa Anda memang pakar -- hanya dengan mendengar Anda berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar