Rabu, 20 Maret 2013

Bicara Yang Efektif

Elemen-elemen Penting Bicara Efektif
Lenny Laskowski
LJL Seminars

"Setengah dunia terdiri dari orang-orang yang punya sesuatu untuk dibicarakan dan mereka tidak bisa melakukannya; setengahnya lagi tidak punya apa-apa untuk dibicarakan dan mereka tetap berbicara."

Setiap orang bisa berbicara. Tidak setiap orang bisa berbicara dengan efektif. Untuk bisa efektif dalam berbicara ada enam elemen yang harus dipertimbangkan.

SIAP BICARA
Siap adalah element terpenting. Berapa kali Anda melatih bicara Anda? Sebagai pedoman umum, Anda harus menghabiskan waktu sekitar 30 jam untuk persiapan dan latihan bicara jika Anda akan berbicara selama 1 jam. Gunakan tape atau vieo untuk merekam latihan Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran akurat tentang bagaimana Anda berbicara.

BERIKAN DIRI ANDA
Gunakan contoh dan kisah atau pengalaman pribadi yang patut diceritakan jika memungkinkan. Pastikan bahwa cerita Anda memang membantu dalam memberi penekanan terhadap poin-poin Anda. Cerita Anda harus "nyambung" dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Gunakan contoh-contoh dari kehidupan pribadi dan profesi Anda untuk menunjukkan poin yang Anda maksud.

RILEKS
Untuk bisa rileks, Anda harus sudah siap. Juga, fokuslah pada "pesan" dan bukan pada "audience". Gunakan gerakan tubuh, termasuk cara berjalan. Latihlah bagian pembukaan dari bicara Anda dan rencanakan dengan tepat bagaimana Anda akan mengatakannya. Audience akan menilai Anda dalam 30 detik pertama sejak mereka melihat Anda.

GUNAKAN HUMOR ALAMIAH
Jangan coba-coba menjadi stand up comedian. Gunakan humor yang natural terhadap diri Anda sendiri, tentang sesuatu yang Anda katakan atau anda lakukan. Pastikan bahwa Anda tidak meng"humori" orang lain yang menjadi bagian dari audience. Orang akan tertawa BERSAMA Anda jika Anda melakukannya. Asal, Anda tidak berlebihan.

RENCANAKAN POSISI TUBUH DAN TANGAN
Selama latihan, perhatikanlah momen-momen di mana Anda bisa menggunakan "olah tubuh". Tetapkan tiga posisi di mana anda akan berdiri dan latihlah tidak hanya bagaimana bergerak akan tetapi juga kapan Anda bergerak. Ambil tiga posisi, satu di tengah panggung, satu di kanan Anda, dan satu lagi di kiri Anda. Jangan bersembunyi di belakang podium. Jika Anda memang perlu melakukan kontak mata, lakukan selama Anda bergerak.

PERHATIKAN DETIL
Pastikan bahwa Anda akan berbicara di tempat yang tepat. Pastikan bahwa Anda bisa sampai ke sana lebih cepat dari saat Anda harus mulai bicara. Tanyakan berapa banyak yang akan hadir dan mendengarkan Anda. Pastikan bahwa Anda membawa semua alat bantu visual yang dibutuhkan termasuk handout. Datanglah lebih cepat sehingga Anda bisa melakukan observasi pendahuluan dan melakukan pembenahan di menit-menit terakhir sebelum Anda mulai bisara.

Adalah sangat penting bahwa Anda memperhatikan detik sekecil apapun. anda tidak akan berlebihan dalam berencana. Ingatlah "He who fails to plan is planning for failure".

Lenny Laskowski adalah seorang international professional speaker dan penulis buku "10 Days to More Confident Public Speaking".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar