Selasa, 19 Maret 2013

Menjaga Lisan



Terdapat dalil-dalil yang tegas dan jelas akan wajibnya menjaga lisan agar kita menggunakannya sesuai dengan apa yang diperintahkan syari'at. Di antaranya adalah: 

1. Hadits 'Adiy bin Hatim, muttafaqun 'alaih, Rasulullah bersabda shallallahu 'alaihi wa sallam: "Tidak ada seorang pun di antara kalian, kecuali nanti (pada hari kiamat) akan diajak bicara oleh Allah, yang antara dia dengan Allah tidak ada seorang penerjemah pun. Lalu dia melihat ke sebelah kanannya, maka dia tidak meilihat kecuali apa yang telah dilakukannya dan dia melihat ke sebelah kirinya, maka dia tidak melihat kecuali apa yang telah dilakukannya. Kemudian dia melihat ke depan maka dia tidak melihat kecuali neraka berada di hadapannya. Maka takutlah terhadap neraka walaupun (hanya berinfaq) dengan sebelah/setengah kurma!" (HR. Al-Bukhariy no.6539 dan Muslim no.1016) Dan dalam riwayat Muslim terdapat tambahan: "Walaupun hanya dengan mengucapkan perkataan yang baik!"

Dalam riwayat yang lain disebutkan:

Dari 'Adiy bin Hatim berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan tentang neraka lalu beliau berpaling kemudian bersabda: "Takutlah kalian terhadap neraka!" lalu beliau kembali berpaling sampai-sampai kami menyangka seakan-akan beliau melihat neraka tersebut, kemudian beliau bersabda: "Takutlah kalian terhadap neraka walaupun (hanya berinfaq) dengan sebelah kurma, maka barangsiapa yang tidak mendapatkan(nya), maka (berkatalah) dengan perkataan yang baik!" (HR. Al-Bukhariy no.1417 dan Muslim no.1016)

2. Hadits Abu Hurairah, muttafaqun 'alaih, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka ucapkanlah (perkataan) yang baik atau diam!" (HR. Al-Bukhariy no.6018 dan Muslim no.47) Sabda beliau shallallahu 'alaihi wa sallam: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir," maksudnya adalah barangsiapa yang beriman dengan keimanan yang sempurna, yang dapat menyelamatkan dari 'adzab Allah dan menyampaikan kepada keridhaan-Nya, "maka ucapkanlah (perkataan) yang baik atau diam!" karena sesungguhnya orang yang beriman kepada Allah dengan sebenar-benarnya tentulah dia merasa takut terhadap ancaman-Nya, mengharap pahala-Nya, bersungguh-sungguh melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Dan yang lebih penting dari itu adalah menjaga segala anggota badannya karena kelak ia akan dimintai pertanggungjawabannya di akherat atas apa yang telah dilakukannya.

Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya." (Al-Israa`:36)

Dan juga firman-Nya:

"Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (Qaaf:18)

Bahaya dan ketergelinciran lisan sangat banyak, sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

"Bukankah yang menenggelamkan manusia ke neraka di atas hidung-hidung mereka tidak lain karena hasil lisan-lisan mereka?" (Shahih, HR. At-Tirmidziy no.2616 dari Mu'adz bin Jabal t, lihat Shahiihul Jaami' 5/29-30)) Maka barangsiapa yang mengetahui dan memahami hal ini serta beriman kepada-Nya dengan sebenar-benar keimanan, maka Allah akan memelihara lisannya sehingga dia tidak akan berbicara melainkan dengan perkataan yang baik atau diam. Berkata sebagian 'ulama: "Kumpulan adab yang baik itu tercabang pada empat hadits, disebutkan di antaranya sabda beliau shallallahu 'alaihi wa sallam: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka ucapkanlah (perkataan) yang baik atau diam!"

Sebagian 'ulama menjelaskan makna hadits tersebut: Apabila seseorang hendak berbicara, maka jika apa yang hendak ia katakan itu baik, benar dan berpahala maka hendaknya dia berbicara. Jika tidak maka hendaknya ia menahan diri, baik perkataan itu hukumnya haram, makruh atau bahkan yang mubah. Berdasarkan hal ini, maka perkataan yang mubah diperintahkan untuk ditinggalkan atau dianjurkan untuk menahan diri darinya karena khawatir terjatuh kepada yang haram atau makruh dan inilah yang menimpa kebanyakan manusia. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya): "Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (Qaaf:18)

Para 'ulama berbeda pendapat, apakah setiap yang diucapkan manusia itu pasti dicatat oleh malaikat sekalipun yang mubah, ataukah tidak dicatat melainkan yang berhubungan dengan perkataan yang akan membuahkan pahala dan siksa? Ibnu 'Abbas dan lain-lain mengikuti pendapat yang kedua. Bagi yang berpendapat dengan pendapat ini maka makna ayat yang mulia tersebut menjadi bersifat khusus yakni perkataan yang berhubungan dengan balasan, baik pahala ataupun siksa.

Berkata penulis kitab Al-Ifshaah 'an Syarhi Ma'aanish Shihaah, Ibnu Hubairah: "Adapun sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam: "maka ucapkanlah (perkataan) yang baik atau diam!" menunjukkan bahwa perkataan yang baik itu lebih utama daripada diam, sedangkan diam lebih utama daripada berkata yang jelek. Hal itu bisa diperhatikan dari sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mendahulukan "ucapkanlah (perkataan) yang baik" daripada "atau diam!"
Berkata yang baik dalam hadits ini meliputi: menyampaikan ajaran Allah dan Rasul-Nya, memberikan pengajaran kepada kaum muslimin, amar ma'ruf nahi munkar berdasarkan ilmu, mendamaikan orang yang berselisih dan berbicara dengan pembicaraan yang baik kepada manusia. Dan termasuk ucapan yang paling utama adalah mengatakan perkataan yang benar di hadapan orang yang ditakuti kekejamannya atau yang diharapkan bantuannya. (Lihat Syarh Al-Arba'iin Hadiitsan An-Nawawiyyah hal.47-50)

Berkata Al-Imam Asy-Syafi'i: "Makna hadits ini adalah apabila seseorang ingin berbicara maka hendaklah dipikirkan dahulu. Apabila nampak bahwasanya tidak ada bahaya padanya maka berbicaralah, sebaliknya apabila nampak padanya bahaya atau dia ragu (apakah mengandung bahaya atau tidak) maka tahanlah (diamlah)." (Syarh Shahiih Muslim 1/222)

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar: "Makna hadits ini adalah bahwasanya seseorang apabila ingin berbicara maka pikirkanlah terlebih dahulu sebelum berbicara. Maka apabila dia mengetahui bahwasanya pembicaraannya tersebut tidak mengandung kerusakan dan tidak pula mengantarkan kepada yang haram ataupun yang makruh maka berbicaralah. Dan sekalipun perkataan yang mubah maka yang selamat adalah diam (tidak mengucapkannya) agar perkataan yang mubah tersebut tidak mengantarkan kepada yang haram dan makruh." (Fathul Bari 13/149)
Demikian juga Al-Imam An-Nawawiy dalam Syarh Shahiih Muslim mengatakan dengan perkataan yang semakna dan kesimpulannya sebagaimana dikatakan Ibnu Rajab: "Bahwasanya Nabi memerintahkan berbicara dengan perkataan yang baik dan diam dari apa-apa yang tidak baik." (Jaami'ul 'Uluum wal Hikam hal.126, lihat ketiga ucapan tersebut dalam Qawaa'id wa Fawaa`id minal Arba'iin An-Nawawiyyah hal.137-138)

3. Hadits Abu Hurairah, riwayat Al-Bukhariy dan Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba, benar-benar mengucapkan suatu perkataan yang diridhai oleh Allah, yang dia tidak menganggapnya penting, (maka) Allah mengangkatnya dengan perkataan tersebut beberapa derajat dan sesungguhnya seorang hamba, benar-benar mengucapkan suatu perkataan yang dibenci Allah, yang dia tidak memikirkannya terlebih dahulu, yang dengan perkataan tersebut dia terjerumus ke dalam jahannam." (HR. Al-Bukhariy no.6478)

Dalam riwayat Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya seorang hamba, benar-benar mengucapkan suatu perkataan yang dengannya dia masuk ke dalam neraka lebih jauh daripada jarak antara timur dan barat."
Dan dalam lafazh yang lain: "Sesungguhnya seorang hamba, benar-benar mengucapkan suatu perkataan yang tidak jelas apa manfaat perkataan tersebut, (akan tetapi) dengannya dia terjerumus ke dalam neraka lebih jauh daripada jarak antara timur dan barat." (HR. Muslim no.2988)

4. Hadits Abu Hurairah, riwayat Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tahukah kalian, apa itu ghibah?" Mereka berkata: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu." Beliau bersabda: "Yaitu, kamu menyebut sesuatu tentang saudaramu yang tidak disukainya." Ditanyakan: "Bagaimana pendapat engkau, jika apa yang aku katakan memang kenyataannya ada pada saudaraku tersebut?" Beliau menjawab: "Jika memang apa yang kamu katakan ada padanya, berarti kamu telah meng-ghibahnya dan jika ternyata apa yang kamu katakan tidak ada padanya, berarti kamu telah berdusta tentang dia." (HR. Muslim no.2589)

5. Hadits 'Abdullah bin 'Amr, muttafaqun 'alaih, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Seorang muslim (yang baik) adalah seseorang, yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya." (HR. Al-Bukhariy no.10 dan Muslim no.40)

Mudah-mudahan kita bisa memahami, menghafal dan mengamalkan dalil-dalil di atas dengan semata-mata mengharap ridha Allah dan sesuai dengan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Aamiin. Wallaahu A'lam.

Catatan Moderator:Artikel ini dikirim otomatis setiap bulan. Gunakan setting "individual emails" karena milis ini tidak mengarsipkan pesan-pesan email. Di Milis ini, kita akan sangat sering belajar bersama tentang hal-hal teknis dan "ilmiah" berkenaan dengan fenomena berbicara. Namun sebelum ke sana, ada baiknya selalu kita renungkan berbagai hal paling mendasar tentang fenomena berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar